Senin, 09 Juni 2014

Kuliner Medan , Ayam Ungkep (Culinary Trip Medan, Spicy Fragrant Chicken)

Nama warungnya "Belut Seafood", nama pemiliknya sekaligus chefnya Mbak Melin. Ini adalah untuk kedua kalinya saya diajak ke warung yang berlokasi di Marendal, yang cukup jauh dari Medan, kalau tidak macet bisa 30 - 45 menit, bukan untuk belutnya tetapi untuk "ayam ungkepnya".


Ayam ungkep ini sangat khas : yang pasti ayam kampung, bumbunya khas Sumatera Utara, andaliman, kincung, asam cekala, sereh, jahe dan banyak cabenya, resep ini sudah pernah saya upload sebelumnya dengan judul yang sama "ayam ugkep". 

Kuahnya yang agak kental, rasanya asam dan pedas sedap sekali ditambah lagi cabe utuhnya pas...., ayam kampungnya cukup lunak karena sebelumnya dipresto. Semuanya dimasak dari awal, bumbunya banyak fresh baru digiling, bahkan kalau stok ayam habis, ayamnya ditangkap dulu (I'm not joking). Oleh karena itu sebaiknya kita telepon dulu kalau ingin menyantap ayam ungkep spesial ini, karena memang lama memasaknya.


Minuman yang kami order sederhana, tapi sangat menyegarkan setelah bumbu pedasnya, yaitu air sereh, jeruk nipis, gula dan air es, kitapun bisa membuatnya dirumah.
Kesimpulannya, walaupun perjalanan jauh untuk merasakan ayam ungkep di warungnya mbak Melin, tapi puas sekali, pulang ke rumah dengan senyum...., sambil membayangkan kapan akan kembali lagi. 

0 komentar:

Posting Komentar